Ultrasonic dan infrasonic

Ultrasonik merupakan bunyi yang memiliki frekuensi di atas 20 000 Hz, sedangkan infrasonik merupakan bunyi yang memiliki frekuensi di bawah 20 Hz. Jangan sampai terkecoh dengan istilah supersonik, karena supersonik merupakan pesawat yang memiliki kecepatan di atas kecepatan suara.
Ada beberapa hewan yang mampu mendengar bunyi ultrasonik seperti anjing yang mampu mendengarkan bunyi pada frekuensi 50 000 Hz dan kelelawar yang dapat mendengar bunyi pada frekuensi 100 000 Hz gelombang ultrasonik biasanya digunakan untuk mengukur kedalaman laut dan mendeteksi janin di dalam rahim ibu.

Gelombang bunyi infrasonik biasanya disebabkan oleh gempa bumi, halilintar, gunung meletus dan gelombang-gelombang yang disebabkan oleh getaran-getaran dari mesin-mesin berat. Pada getaran mesin berat meskipun tidak dapat didengar oleh manusia, akan tetapi dapat menyebabkan kerusakan pada organ tubuh manusia, bisa berupa iritasi organ dalam pada tubuh manusia

Mengukur kedalaman laut

Untuk menentukan kedalam laut digunakan sebuah alat yang disebut dengan fathometer, alat ini terdiri dari pemancar yang mengirimkan pulsa gelombang ultrasonik ke dasar laut dan sebaut alat penerima pulsa pantulan gelombang ultrasonik

Bunyi dapat mengalami pemantulan, pantulan dari bunyi digunakan juga untuk menentukan jarak Sonar (Sound Navigator Ranging) atau pendugaan navigasi dengan bunyi yang dapat digunakan untuk menentukan benda di bawah laut dengan menggunakan teknik pulsa-gema. Sonar biasanya digunakan untuk mendeteksi benda-benda di permukaan laut. Sonar ini biasanya digunakan pada kapal perang atau kapal penyapu ranjau.

Prinsip penggunaan Sonar adalah dengan mengirimkan pulsa bunyi melalui air, alat pengirim bunyi ini disebut juga dengan transmitter. Kemudian pantulan dari pulsa bunyi akan diterima oleh detektor dalam waktu tertentu. Jika kecepatan bunyi di dalam air diketahui maka kita dapat menentukan jarak pantulan bunyi dengan menggunakan persamaan

d = (v x t) : 2

dengan d menyatakan jarak pantulan terhadap pemukaan air, dan v menyatakan kecepatan bunyi pada medidaum air dan Dt merupakan selang waktu antara pengiriman pulsa bunyi hingga diterima lagi oleh detektor. Sehingga dengan menggunakan alat ini dapat menetukan kedalaman laut, lokasi batu karang, kapal selam atau tempat ikan.

Dengan menggunakan prinsip pemantulan bunyi, dapat pula digunakan untuk menentukan struktur bagian dalam bumi. Analisis dari gelombang yang terpantul pada struktur dan batas bumi akan memunculkan pola karakteristik yang beragam, sehingga dapat digunakan untuk eksplorasi minyak dan mineral.

Sonar biasanya menggunakan bunyi dengan frekuensi diatas 20 kH atau disebut dengan ultrasonik, dengan menggunakan gelombang ultrasonik maka panjang gelombang yang dihasilkan lebih kecil sehingga mampu mendeteksi benda-benda yang berukuran lebih kecil.

Ultrasonik dalam bidang kedokteran

Dalam bidang kedokteran gelombang ultrasonik digunakan untuk pengobatan atau diagnosa. Gelombang ini dapat digunakan untuk merusak jaringan tubuh yang tidak diinginkan seperti tumor dan batu ginjal. Gelombang ultrasonik yang digunakan memiliki intensitas yang tinggi yang bekisar 107 W/m2. Sehingga dengan energi yang besar ini bisa digunakan untuk menghancurkan tumor atau batu ginjal. Penghancuran tumor ini tidak dilakukan sekaligus tetapi secara berulang-ulang untuk menghindari rusaknya jaringan lain. Gelombang ultrasonik dapat juga digunakan untuk memberikan pemanasan lokal dari otot yang luka.

Gelombang ultrasonik dapat juga digunakan untuk melakukan diagnosis, misalnya untuk mendeteksi adanya tumor, menyelidiki hati, otak maupun liver, dan dapat juga digunakan untuk mendeteksi janin di dalam rahim ibu. Dengan berkembangnya teknologi ternyata dengan mengguankan sinar X dapat lebih akurat dalam mendeteksi janin. Akan tetapi dengan menggunakan gelombang ultrasonik akan memperkecil resiko kerusakan di dalam jaringan tubuh. Sehingga dengan menggunakan gelombang ultrasonik dalam mendeteksi janin akan lebih aman.

Satu Balasan ke Ultrasonic dan infrasonic

  1. thono mengatakan:

    materi ultrasonic dan infrasonic

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: